Perpustakaan
 

Dalam rangka turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana diamanatkan oleh UUD 1945, Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya perlu menyediakan media yang memadai untuk kepentingan dimaksud. Untuk keperluan dimaksud MAS telah melakukan upaya-upaya pencerdasan melalui berbagai cara, seperti pendidikan, pengajian, dan kajian, yang dilakukan di kelas formal ataupun informal dan non formal seperti radio, bimbingan belajar (LKIQ), RA, PAUD, Ma’had Aly dan sebagainya. Upaya-upaya di atas membutuhkan sarana dan prasarana yang memadai seperti ruang belajar dan buku-buku yang memadai. Sarana yang paling tepat dan urgen untuk mendukung kepentingan tersebut adalah dengan cara menyediakan sumber belajar. Sumber belajar adalah segala sumber baik berupa orang, buku, data, teknik, atau prosedur yang memungkinkan seseorang belajar apabila berinteraksi dengannya. Urgensitas elemen ini dapat dipahami dari penjelasan pasal 35 UUP yang menyatakan "bahwa pendidikan tidak mungkin terselenggara dengan baik tanpa didukung oleh sumber belajar". Salah satu sumber belajar yang paling penting adalah perpustakaan. Oleh sebab itu, Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya menyediakan perpustakaan dimaksud untuk diabdikan kepada ummat.

Sampai saat ini perpustakaan MAS telah mengoleksi lebih dari 3.000 judul buku-buku/kitab dalam 13.000 eksemplar, yang sebagian besar subyeknya adalah masalah keislaman, baik yang berbahasa Indonesia maupun Arab (kitab kuning dan kitab putih ), di samping subyek lain seperti bidang kesehatan, peternakan, perikanan, flora dan fauna, tata boga dan lain-lain. Sementara koleksi buku anak-anak dan remaja lebih dari 1.000 judul buku dan cerita bergambar dalam jumlah lebih 2.500 eksemplar.

Sistem layanan
Perpustaakan MAS menerapkan sistem "open Access". Dengan sistem layanan terbuka ini, memungkinkan pemustaka dapat memilih dan mengambil sendiri bahan pustaka yang diinginkan. Untuk mendapatkan bahan pustaka yang diinginkan secara cepat, pengguna dapat menelusuri entry bibiliografis bahan pustaka melalui OPAC (Online Public Access Catalogue) pada computer yang disediakan.
Otomatisasi Layanan

Seiiring dengan pesatnya kemajuan di bidang teknologi informasi dan telekomunikasi menuntut layanan perpustakaan untuk menggunakan dan menerapkan manajemen dan system layanan berbasis computer. Oleh sebab itu, perpustakaan MAS harus memanfaatkan teknologi mutakhir sebagaimana mestinya. Untuk kepentingan itu, Perpustakaan MAS menggunakan program LINSPro yang berbasis web. Dengan program tersebut, manajemen system informasi dapat dijalankan dengan baik dan jasa layanan pemakai dapat diberikan secara cepat, tepat dan menyenangkan.

Jenis Layanan
Layanan yang diberikan oleh perpustaka an MAS kepada para pemustaka terdiri antara lain:

1. Layanan penelusuran informasi melalui OPAC. OPAC adalah pangkalan data bibliografis bahan pustaka berbantuan komputer. Penggunaan OPAC ini sangat mudah, cepat dan tepat. Dengan OPAC ini pemustaka akan dapat menghemat waktu, tenaga dan biaya. Dan karena sebagian dari pemustaka, khususnya pemula yang umumnya masih "gaptek" (gagap teknologi), maka layanan dan pembimbingan terhadap penelusuran ini diberikan.

2. Layanan ruang baca. Tempat layanan ruang baca terintegrasi dengan ruang koleksi perpustakaan. Ruang ini dilengkapi dengan AC, meja dan kursi baca yang kondusif, sehingga pemustaka merasa nyaman berada di dalam ruangan ini.

3. Layanan fotokopi dan Komputer. Layanan fotocopy disediakan untuk mempermudah pemustaka mengcopy bahan pustaka yang diperlukan tanpa harus meminjam. Atau bagi mereka yang perlu mengetik dan menyalin bahan pustaka dapat mempergunakan layanan computer yang telah disediakan.

4. Layanan internet. Layanan internet ini disediakan kepada pemustaka untuk mengakses informasi lintas batas dari berbagai sumber dan disiplin ilmu di seluruh dunia. Kebutuhan terhadap informasi melalaui teknologi ini sudah tidak mungkin dihindari, sebab bahan pustaka dan subyek bahasan yang tidak ditemukan di perpustakaan, dapat saja dicari melalui internet

5. Layanan Digital Library al-Kubra. Layanan ini mengoleksi sekitar 160 ribu jenis kitab dalam berbagai disiplin, seperti tafsir, fiqih-ibadah, akhlaq-tasawuf, sejarah dan sebagainya. Layanan ini disediakan khususnya bagi pemerhati studi-studi keislaman yang lebih komprehensif seperti mahasantri-mahasiswa, ustad, da'i, guru, dosen dan siapapun yang berminat.

6. Layanan khusus bagi anak-anak. Perpustakaan MAS Surabaya menyediakan ruangan dan bahan pustaka khusus bagi anak-anak dan remaja. Perpustakaan ini dirancang sedemikian rupa sehingga membuat para pengunjung anak-anak dan remaja akan merasa senang, tenang, nyaman dan terhibur. Oleh karenanya, ruangan ini dihiasi dengan gambar-gambar.

Perpustakaan anak dan remaja ini dilengkapi dengan berbagai koleksi buku, cerita bergambar, novel pendidikan dan sebagainya. Perpustakaan anak dan remaja ini dilengkapi dengan Home Theater, TV Kabel sehingga pada saat-saat tertentu pengunjung dapat menonton film-film pendidikan dan hiburan yang sesuai. Pada layanan khusus bagi anak-anak ini disertai dengan pembimbingan, baik dari unsur guru atau petugas perpustakaan. Akhirnya dalam perpustakaan ini anak-anak bisa membaca, bermain dan menonton.